Tiwul Yu Tum: Mencicipi Kuliner Khas Gunungkidul


  • Berdiri sejak tahun 1985, Tiwul Yu Tum muncul dari awal sebagai tiwul camilan. Tiwul yang dijual berbeda dengan tiwul biasanya karena rasa manis dari gula merah yang dicampurkan ke dalam adonan. Ini membuatnya digemari segala kalangan dan bertahan terus hingga saat ini.

    Kini, Tiwul Yu Tum yang telah dikelola oleh Slamet Riyadi, menantu almarhum Ibu Tumirah, telah berkembang sedemikian rupa. Selain toko yang menempati bangunan permanen, tiwulnya pun telah mengalami berbagai inovasi.

    Inovasi tiwul instan muncul di tahun 2011. Dengan membeli tiwul instan, pembeli dapat membuat tiwul camilannya sendiri di rumah. Satu bungkus tiwul instan (500 gr) dapat dibuat menjadi 2 tumpeng tiwul seukuran yang dijual di toko Tiwul Yu Tum. Selain tiwul instan, Slamet juga membuat gatot instan, yang sama seperti tiwul instan, dapat disimpan lama dan dibuat sendiri di rumah.

    Saat ini, tiwul yang dijual di toko pun tidak hanya sebatas tiwul manis biasa. Tiwul dengan berbagai varian rasa juga dijual sebagai pilihan lain, antara lain Tiwul Coblong, Tiwul Coblong Kombinasi, Tiwul Nangka, Tiwul Pisang, Tiwul Coklat, Tiwul Meses, dan Tiwul Keju. Tiwul dengan aneka rasa ini menarik untuk dicoba karena memberikan ‘sensasi’ tiwul yang berbeda.

    Terlepas dari tiwul manis, di toko Tiwul Yu Tum juga menjual tiwul biasa yang dapat dimakan bersama lauk-pauk khas Wonosari. Satu paket yang menarik adalah nasi tiwul, sayur daun pepaya, tumis pepaya-mlinjo, serta tentu saja sambal bawang dan belalang goreng yang renyah.

    Ada rencana berkunjung ke Gunungkidul? Tak ada salahnya mampir ke toko Tiwul Yu Tum untuk mencoba berbagai panganan menarik khas Gunungkidul.

  •  

    Alamat Tiwul Yu Tum:

    • Jl. Pramuka no. 36 Wonosari, Gunungkidul.
    • Jl. Wonosari-Jogja km 3.5 Siyono Tengah, Playen, Wonosari, Gunungkidul.
    • Jl. Baron Km 4, Dunggubah, Duwet, Wonosari, Gunungkidul (depan balai Desa duwet).

     

     

Located in Blog