Ramayana Ballet (Sendratari Ramayana)

Ramayana Ballet adalah pertunjukkan tari dan drama yang menceritakan kisah epik Rama & Shinta dari cerita wayang Ramayana karangan Walmiki.

Di Jogja, ada 2 opsi tempat untuk menonton pertunjukan Ramayana Ballet (Sendratari Ramayana) ini.

  • Dari informasi yang tertera di wikipedia, pertunjukan Ramayana Ballet (Sendratari Ramayana) di Indonesia pertama kali dipentaskan pada 26 Juli 1961 di panggung terbuka Candi Prambanan. Penggagas pertunjukan ini adalah Letjen TNI (purn) GPH Djati Kusumo. Pada bulan April tahun 1961, Letjen TNI (purn) GPH Djati Kusumo membentuk tim untuk mengerjakan proyek yang visioner ini: membangun panggung terbuka di depan Candi Prambanan.

    Panggung terbuka untuk pertunjukan pertunjukan Ramayana Ballet (Sendratari Ramayana) di Candi Prambanan tersebut dirancang oleh Harsoyo dari Universitas Gadjah Muda, dengan ukuran panjang 50 meter dan lebar 12 meter, serta memiliki kapasitas tempat duduk hingga 3.000 orang.

    Proyek Ramayana Ballet (Sendratari Ramayana) yang pertama ini koreografinya ditangani oleh Soerjohamidjojo dan Soeharso dengan melibatkan sekitar 865.000 orang terdiri dari penari, penabuh gamelan, dan perancang busana.

    Pada tahun 2012 silam, Ramayana Ballet (Sendratari Ramayana) di Candi Prambanan meraih penghargaan Guinness World Record dalam katagori “Largest Ramayana Dance” (jumlah penari terbanyak).

    ramayana prambanan

    Sejak pertama kali dipentaskan pada tahun 1961, pertunjukan Ramayana Ballet (Sendratari Ramayana) di Candi Prambanan menjadi pertunjukan yang digelar secara rutin.

    Pertunjukan Ramayana Ballet (Sendratari Ramayana) di Candi Prambanan dipentaskan pada panggung terbuka dan tertutup, mulai pk. 19.30 di setiap jadwal pementasannya. Pada bulan Mei sampai Oktober, Ramayana Ballet (Sendratari Ramayana) di Candi Prambanan dipentaskan di panggung terbuka (Open Air Theatre) melibatkan lebih dari 200 penari. Sedangkan pada bulan November – April, Ramayana Ballet (Sendratari Ramayana) di Candi Prambanan dipentaskan di dalam panggung tertutup (Gedung Trimurti) oleh sekitar 50 orang penari.

    Lihat jadwal dan harga tiket Ramayana Ballet (Sendratari Ramayana) di https://liburanjogja.co.id/agenda/ramayana-ballet/prambanan.

    Sejak tahun 1976, pertunjukan Ramayana Ballet (Sendratari Ramayana) juga dipentaskan di Purawisata, tepatnya di panggung terbuka Purawisata (Mandira Baruga). Panggung terbuka di Purawisata ini dapat menampung hingga 600 penonton.

    Pengelola Purawisata menawarkan paket yang menarik; Makan Malam sembari menonton pertunjukan Ramayana Ballet (Sendratari Ramayana).

    Pertunjukan Ramayana Ballet (Sendratari Ramayana) di Purawisata dipentaskan setiap hari mulai dari pk. 20.00 wib, dengan skala panggung dan jumalah penari yang lebih kecil dari Ramayana Ballet (Sendratari Ramayana) di kompleks Candi Prambanan.

Karena berlibur itu, sangat bisa dilakukan di negeri sendiri ;)- @LiburanJogja™