Tempat Wisata Keluarga Ramah Anak di Jogja

Di Manfaat Rekreasi Bersama Keluarga, kami sudah menjelaskan banyak manfaat yang bisa didapatkan dari agenda liburan keluarga. Dalam artikel kali ini, kami akan mencoba membuat daftar obyek-obyek wisata di Jogja yang cocok untuk berlibur bersama keluarga, membawa anak-anak.

Kami membagi daftar ini menjadi 3 kelompok besar: Berpetualang, Bersenang-senang, dan Berwawasan. Tentunya, kami juga menyertakan informasi biaya tiket masuk dari masing-masing obyek wisata dan memberikan rekomendasi batas minimal usia di dalam setiap penjelasan obyek-nya.

Semoga membantu untuk memberikan gambaran, bisa ke mana saja selama berlibur di Jogja bila membawa anak-anak ;)

  1. Berpetualang

    • Kawasan Hutan Pinus Imogiri
    • Tempat Wisata Ramah Anak cocok untuk Berpetualang: Hutan Pinus Imogiri

      Pinus Pengger, Puncak Becici, Pinus Mangunan, Pintu Langit, Pinus Asri, Rumah Hobbit dan Seribu Batu Songgo Langit, di kawasan hutan Pinus di Imogiri adalah beberapa tempat dari sekian nama yang saat ini begitu populer di kalangan wisatawan, dan terutama, para pecinta foto.

      Mengajak anak-anak kita ke tempat-tempat wisata di kawasan hutan pinus Imogiri ini bisa memberikan suasana baru bagi mereka. Kita bisa mengajak mereka ‘berpetualang’ di hutan sembari menikmati udara segar dan suasana fotografis yang ada di setiap tempat yang tersebutkan tadi.

      Harga Tiket:  Rp. 2.500,-.

      Rekomendasi Usia:  4 tahun ke atas.

    • Studio Alam Gamplong
    • Tempat Wisata Ramah Anak cocok untuk Berpetualang: Studio Alam Gamplong

      Studio ini awalnya dibuat untuk kebutuhan syuting film Sultan Agung. Lahan seluas 6 hektar ini disulap menyerupai perkampungan, benteng VOC, dan lingkungan kerajaan Indonesia jaman dulu, tepatnya pada abad ke 17, sesuai dengan masa di mana Sultan Agung hidup. Setelah seluruh keperluan syuting selesai, studio ‘alam’ ini dihibahkan ke pemerintah daerah dan diubah fungsi menjadi destinasi wisata.

      Semenjak diresmikan dan dibuka untuk umum pada tahun 2018 kemarin, Studio Alam Gamplong ini cukup ramai menarik minat wisatawan dan masyarakat Jogja. Mengajak anak-anak kita ke sini, selain bisa memberikan petualangan baru, bisa memberikan gambaran suasana negeri ini di abad 17.

      Harga Tiket:  Gratis.

      Rekomendasi Usia:  2 tahun ke atas.

    • Kampung Flory
    • Tempat Wisata Heritage cocok untuk petualangan Anak di Jogja: Kampung Flory

      Tempat wisata yang diberi nama Kampung Flory ini sangat cocok untuk liburan bersama anak-anak. Berdiri di lahan seluas 6 hektar yang terbagi menjadi 4 kawasan dengan berbagai macam wahana. Yang paling cocok untuk anak-anak adalah Kawasan Puri Mataram dan Taruna Tani.

      Setelah selesai bermain-main di kedua kawasan tersebut, kita bisa mengajak anak menikmati sajian makanan tradisional di Kawasan Bali Ndeso dan resto Iwak Kalen.

      Harga Tiket:  Rp. 5.000,-.

      Rekomendasi Usia:  2 tahun ke atas.

    • Cave Tubing di Goa Pindul
    • Tempat Wisata Adventure cocok dan ramah untuk Anak di Jogja: Cave di Goa Pindul

      Aktivitas ini, walaupun akan memacu sedikit adrenalin, cukup aman untuk anak berusia di atas 5 tahun. Menelusuri sungai bawah tanah di dalam goa-goa basah di Goa Pindul akan memberikan pengalaman baru yang seru bagi anak-anak. Anak-anak pasti akan takjub oleh keindahan stalaktit dan stalagmit di dalam perut bumi yang dapat ditemukan di Goa Pindul ini.

      Harga Tiket+ Rp. 75.000,-

      Rekomendasi Usia:  6 tahun ke atas.

    • Rafting di Sungai Elo
    • Tempat Wisata Adventure cocok dan ramah untuk Anak di Jogja: Rafting Arung Jeram Sungai Elo

      Jika anak-anak sudah di usia 10 tahun ke atas, mengajak menikmati serunya rafting (arung jeram) di Sungai Elo juga menarik untuk dicoba. Arung Jeram di Sungai Elo memiliki variasi tingkat kesulitan grade I sampai III+ (tipe Arung Jeram dengan kesulitan rendah). Sehingga sangat ideal untuk sekedar berwisata bersama keluarga dan membawa anak-anak.

      Arung jeram di Sungai Elo tidak perlu memiliki keahlian khusus. Bahkan tidak harus fasih berenang. Peralatan safety untuk rafting seperti pelampung dan helm akan disediakan bersama dengan perahu karetnya. Pengendalian perahu juga akan lebih banyak dilakukan oleh pemandu/skipper profesional yang memang bertindak sebagai nahkoda. Jadi aktivitas seru ini termasuk kegiatan yang memacu adrenalin yang relatif aman untuk anak-anak usia 10 tahun ke atas.

      Harga Tiket+ Rp. 750.000,- per perahu (maks 6 orang).

      Rekomendasi Usia:  10 tahun ke atas.

    • Lava Tour Merapi
    • Tempat Wisata Adventure cocok dan ramah untuk Anak di Jogja: Lava Tour Merapi

      Wisata Lava Tour menggunakan Jeep ini berdurasi sekitar 1,5 – 2.5 jam, tergantung dari pilihan durasi dan rute yang kita pilih. Wisata ini mulai dirintis sejak erupsi Merapi yang tahun 2010 kemarin. Dan terbukti ramai hingga kini.

      Lava Tour ini tidak cocok bila anak kita masih balita, karena akan ada banyak debu dan pasir yang berterbangan di sepanjang perjalanan. Namun, bila anak kita sudah berusia sekitar 7 tahun ke atas, mengajak mereka untuk menyusuri imbas dari erupsi Merapi bisa menjadi pilihan yang menarik juga. Jangan khawatir, fasilitas masker dan safety helmet sudah termasuk dalam paket bila mengambil paket lava tour dari @LiburanJogja™.

      Selain bisa mengajak anak-anak menikmati serunya naik jeep di kaki gunung, kita bisa mengajarkan empati pada mereka, dan sekaligus juga mengajak mereka menikmati keindahan pemandangan dari Gunung Merapi dari jarak yang sangat dekat.

      Harga Tiket:  Rp. 350.000 – 450.000,- per jeep (maks 4 orang).

      Rekomendasi Usia:  7 tahun ke atas.

  2. Bersenang-senang

    • Jogja Bay – Waterpark
    • Tempat Wisata cocok untuk Anak berenang di Jogja: Jogja Bay Waterpark

      Jogja Bay adalah waterpark terbesar di Jogja. Waterpark berkonsep Pirates Bay ini memiliki wahana permainan yang cukup lengkap: Lintasan seluncur dengan berbagai tingkat ketinggian, rafting dengan perahu karet di aliran air yang tenang, kolam renang dengan berbagai tingkat kedalaman, volcano coaster, kolam ombak, hingga flying fox.

      Ditujukan memang untuk acara bersenang-senang dan liburan keluarga bersama anak-anak, Jogja Bay menawarkan berbagai wahana permaianan air untuk berbagai kelas usia; mulai dari balita, anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Selain wahana permainan air, Jogja Bay juga memiliki wahana edukasi yang dinamai Museum Air dan pertunjukan operet karakter yang ditampikan setiap hari sabtu dan minggu pk 15.00 – 16.00 wib.

      Harga Tiket:  Anak di atas 2 tahun Rp 60.000,- | Dewasa: Rp. 90.000,-.

      Rekomendasi Usia:  2 tahun ke atas.

    • Kids Fun
    • Tempat Wisata cocok untuk Anak Gokart dan berenang di Jogja: Kids Fun

      Harga Tiket:  Senin-Kamis Rp 95.000,- | Jumat Rp 85.000,- | Sabtu-Minggu: Rp. 105.000,-.

      Rekomendasi Usia:  2 tahun ke atas.

    • Taman Pelangi (Taman Lampion) Jogja
    • Tempat Wisata Khusus Anak-anak di Jogja: Taman Pelangi (Taman Lampion) Jogja

      Taman Pelangi adalah Taman Lampion. Lokasinya berada di pinggir ringroad, di halaman pelataran Monumen Jogja Kembali. Taman Pelangi cocok sekali untuk menjadi lokasi tujuan wisata malam bersama anak-anak. Berbagai bentuk lampion terdapat di sini. Mulai dari lampion berbentuk kereta, hewan-hewan, tanaman-tanaman, hingga lampion berbentuk tokoh kartun.

      Harga Tiket:  Rp. 15.000 – Rp. 20.000,-.

      Rekomendasi Usia:  1,5 tahun ke atas.

    • Tebing Breksi
    • Tempat Wisata cocok untuk Anak foto-foto di Jogja: Tebing Breksi

      Tebing Breksi adalah salah satu tempat wisata baru di Yogyakarta yang berhasil menarik perhatian banyak wisatawan, baik lokal maupun asing. Tebing ini sebenarnya adalah bekas lokasi penambangan batu kapur yang cukup luas. Tambang batu kapur setinggi 20 meter ini saat ini sudah ditinggalkan dan berubah menjadi tempat yang luar biasa menarik untuk dijadikan spot foto.

      Anda akan takjub dengan banyaknya spot untuk foto yang sengaja dibuat untuk memanjakan kebutuhan para pengunjung ber-foto ria di tebing ini, termasuk spot foto untuk anak-anak.

      Harga Tiket:  Rp. 5.000,-.

      Rekomendasi Usia:  2 tahun ke atas.

    • Merapi Park – The World Landmarks
    • Tempat Wisata cocok untuk Anak berfoto ria dan berenang di Jogja: Merapi Park - The World Landmarks

      Taman ini hanya berjarak sekitar 2 km dari Museum Ullen Sentalu. Termasuk salah satu obyek wisata baru yang cukup populer di Jogja. Seperti taman-taman pada umumnya, taman ini juga dipenuhi dengan bunga dan tanaman. Yang istimewa adalah, taman ini dipenuhi dengan miniatur-miniatur landmark yang terkenal di dunia seperti Menara Eiffel, Big Ben, Menara Pisa, dan masih banyak lagi.

      Selain miniatur-miniatur dunia, Merapi Park – The World Landmarks juga menawarkan berbagai wahana yang cocok untuk anak, seperti kolam renang, berkuda, taman kelinci, rumah kucing, dsb.

      Harga Tiket:  Rp. 25.000,-.

      Rekomendasi Usia:  2 tahun ke atas.

    • The Lost World Castle
    • Tempat Wisata cocok untuk Anak berfoto ria dan berenang di Jogja: The Lost World Castle

      Kalau anda mengajak anak-anak mengambil paket lava tour merapi, bisa sekalian mampir ke sini. The Lost World Castle memang sebaiknya dikunjungi sembari menaiki jeep saat mengambil paket lava tour merapi, karena kondisi jalannya yang tidak menyehatkan untuk dikunjungi dengan mobil biasa. Pada dasarnya, lokasi ini menawarkan berbagai spot foto.

      Harga Tiket:  Rp. 30.000,-.

      Rekomendasi Usia:  2 tahun ke atas.

    • Museum De Mata
    • Tempat Wisata Cocok untuk Anak-anak di Jogja: Museum De Mata dan De Arca

      Nama lengkapnya adalah De Mata Tricked Eye Museum. Museum 3 Dimensi ini memang menawarkan berbagai variasi ikon-karakter dan latar belakang sekaligus tema untuk ilusi optik fotografi.

      Harga Tiket:  Rp. 30.000 – Rp. 100.000,-.

      Rekomendasi Usia:  1,5 tahun ke atas.

  3. Berwawasan

    • Keraton Jogja
    • Tempat Wisata Heritage cocok untuk pendidikan Anak di Jogja: Keraton Yogyakarta

      Pasti semua anak sudah mengenal nama Keraton Jogja dari sekolah. Ada baiknya kalau memang sedang atau akan berlibur di Jogja, anak-anak kita ajak sekalian berkunjung ke tempat ini. Lokasinya berada di jantung kota kok. Persis di tengah-tengah area Jeron Benteng, tepatnya. Jadi kita tidak akan kesusahan untuk mencari.

      Keraton Jogja (Keraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat) merupakan tempat tinggal raja (Sultan) dan keluarganya. Keraton ini memiliki sejarah panjang dan berpengaruh pada kelahiran Republik Indonesia.

      Mengajak anak-anak kita untuk berkunjung ke Keraton bisa memberikan wawasan yang banyak tentang sejarah yang kisah-kisahnya bisa kita dapatkan dari cerita para pemandu dan keterangan naskah di museum-museum yang ada di dalam Keraton.

      Harga Tiket:  Rp. 7.500,-.

      Rekomendasi Usia:  5 tahun ke atas.

    • Tamansari
    • Tempat Wisata Budaya untuk Anak-anak di Jogja: Tamansari

      Kalau sudah mampir ke Keraton Jogja, langsung sekalian mampir ke Tamansari juga bagus untuk anak-anak. Lokasinya hanya berjarak sekitar 5 menit perjalanan dari Keraton.

      Tamansari (sering disebut dengan nama Istana Air Tamansari) dulunya merupakan tempat rekreasi bagi Raja (Sultan) Ngayogyakarta Hadiningrat beserta para keluarganya, dan juga seluruh kerabat istana. “Tempat mandinya Sultan”, begitu kalau kata pemandu yang banyak terdapat di kawasan wisata ini. Tamansari, yang berarti taman yang indah ini, memang memiliki kolam pemandian yang dulunya diperuntukkan khusus untuk Raja dan keluarganya.

      Siap-siap tersibukkan dengan memotret anak-anak. Bangunan dan arsitektur yang dibuat oleh arsitek berkebangsaan portugis ini sangat mengundang minat kita untuk mengabadikannya dalam bingkai foto.

      Harga Tiket:  Rp. 5.000,-.

      Rekomendasi Usia:  5 tahun ke atas.

    • Museum Sonobudoyo
    • Tempat Wisata Edukasi Ramah Anak di Jogja:  Museum Sonobudoyo

      Sama seperti Tamansari, Museum Sonobudoyo juga terletak di dalam area Jeron Benteng Keraton Yogyakarta. Lokasinya berada di seberang utara Alun-alun utara Keraton Jogja.

      Museum yang memiliki label sebagai museum Sejarah dan Kebudayaan Jawa ini menyimpan berbagai koleksi tentang budaya dan sejarah Jawa. Dianggap paling lengkap ke-dua setelah Museum Nasional yang ada di Jakarta.

      Bila tertarik untuk mengenalkan wayang ke anak-anak, museum ini secara rutin menampilkan pagelaran wayang kulit dalam bentuk asli (menggunakan bahasa Jawa dan diiringi dengan gamelan musik tradisional Jawa) setiap pukul 20.00–22.00 WIB.

      Harga Tiket:  Rp. 3.000,-.

      Rekomendasi Usia:  5 tahun ke atas.

    • Museum Ullen Sentalu
    • Tempat Wisata Edukasi Anak di Jogja: Museum Ullen Sentalu

      Museum ini adalah museum terbaik yang dimiliki oleh Yogyakarta. Terletak di Kawasan Wisata Kaliurang, hanya sekitar 40 menit perjalanan dari pusat kota Jogja

      Museum Ullen Sentalu adalah museum seni dan budaya jawa yang memiliki keindahan ruang dan properti serta daya magis yang luar biasa memikat. Museum ini bercerita banyak tentang 4 keraton di Solo dan Yogyakarta; Kasunanan dan Istana Mangkunegaran Surakarta, Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan Puro Pakualaman Yogyakarta.

      Dengan gaya bercerita yang sangat menghibur, Guide yang ada di Ullen Sentalu akan menambah wawasan anak-anak kita tentang sejarah dan filosofi budaya Jawa.

      Harga Tiket:  Rp. 40.000,-.

      Rekomendasi Usia:  5 tahun ke atas.

Karena berlibur itu, sangat bisa dilakukan di negeri sendiri ;)- @LiburanJogja™