Lava Tour Merapi dengan Jeep

  • Usai erupsi Gunung Merapi tahun 2010 silam, Desa Kinahrejo, di Kaliurang, kini menjadi destinasi wisata yang tak pernah sepi. Selain pemandangannnya yang sangat layak dinikmati, desa yang pernah didiami Mbah Maridjan ini kini memiliki wahana yang sangat seru dan populer: Lava Tour Merapi dengan Jeep!

    Wisata Lava Tour menggunakan Jeep ini berdurasi sekitar 2 – 2.5 jam. Biayanya bervariasi, tergantung jenis jeep yang kita naiki. Ya, ada beberapa jenis jeep yang bisa kita temukan di sini. Mulai dari Jeep Willys, Hardtop, hingga Land Rover. Kisaran harganya mulai dari Rp. 350.000,- hingga Rp. 400.000,- untuk short-trip. Kapasitas nyaman dari masing-masing jeep ini rata-rata adalah 3 hingga 4 penumpang per jeep.

    Museum Sisa Hartaku

    Tempat ini adalah saksi bisu dari erupsi Gunung Merapi yang terjadi di tahun 2010 kemarin. Museum kecil ini dulunya adalah rumah penduduk, yang terkena awan panas saat erupsi tersebut.

    Beberapa hal yang dapat kita temukan di sini seperti: kerangka sepeda motor, tabung televisi, peralatan rumah tangga dan dapur, peralatan musik (dulunya, rumah ini juga merupakan sanggar seni), bahkan kerangka sapi. Semuanya hangus berselimut abu.

    museum sisa hartaku lava tour merapimuseum sisa hartaku lava tour merapi

    Bunker Merapi

    Ini adalah titik kunjungan yang paling favorit dari Lava Tour Merapi. Di Bunker ini kita bisa menyaksikan Merapi yang berdiri dengan gagah dan indahnya. Dari lokasi ini, kita bisa melihat matahari terbit saat pagi hari, maupun terbenam pada sore hari.

    Bunker yang terletak di di Dusun Kaliadem, Desa Kepuharjo, Cangkringan, ini dulunya adalah termpat bersembunyi dan berlindung dari lahar panas saat terjadi erupsi. Namun karena pada tahun 2010 letusannya sangat dahsyat dan panas, dua orang relawan yang berlindung di dalam bunker ini tidak tertolong, gugur karena panasnya lahar tersebut. Sejak saat itu, bunker ini tidak lagi digunakan sebagai tempat perlindungan karena berbagai alasan.

    Bunker Merapi ini sempat tertimbun selama tiga tahun oleh material Merapi setebal 4 meter. Sebelum terjadi erupsi, kawasan ini dulunya merupakan hutan yang cukup asri. Namun, kini semuanya sudah rata dengan pasir.

    bunker lava tour merapi

    Paket Jeep Lava Tour Merapi ini menawarkan beberapa variasi pilihan jumlah titik kunjungan dan panjang durasi trip. Ada Bunker Merapi, Museum Sisa Hartaku, Batu Alien, Stone Henge, The Lost World Castle, hingga bahkan Petilasan Makam Mbah Maridjan.

    Oleh pengelola jeep, paket jeep ini dibagi menjadi Short Trip (2 titik Kunjungan), Medium Trip (3 titik Kunjungan), dan Long Trip (4 titik Kunjungan). Harga paket jeep bila berdasarkan pada jumlah titik kunjungan dan panjang durasi trip mulai dari Rp. 350.000 sampai 550.000,- per jeep-nya (untuk harga standar Jeep Willys).

  •  

     

Located in Blog