Candi Ijo

candi ijo

Sudah pernah berwisata ke candi ini?

Candi ini bernama Candi Ijo; candi Hindu yang terletak di Bukit Ijo, tidak jauh dari Istana Ratu Boko, sekitar 18 km di sebelah timur kota Jogja. Candi Ijo ini dibangun pada abad ke-9, di jaman Kerajaan Mataram Kuno. Bukit Ijo sendiri merupakan perbukitan tertinggi di wilayah Kecamatan Prambanan, dengan puncak tertinggi sekitar 410mdpl.

candi ijo jogja

Karena letaknya yg tinggi, pemandangan alam dari Candi Ijo ini sangat indah. Sangat cocok untuk pecinta fotografi yang ingin berburu pemandangan matahari terbenam.

candi ijo

Di kompleks Candi Ijo terdapat 3 candi perwara yg menunjukkan penghormatan masyarakat Hindu kepada Trimurti: Brahma, Wisnu, dan Syiwa. Candi ini mempunyai 17 struktur bangunan dan 11 halaman berundak serta 3 bangunan candi perwara di puncak halaman tertinggi. Saat ini, struktur bangunan candi yg telah berhasil dipugar adalah kompleks candi utama dan 3 candi perwara tersebut. Sedangkan struktur bangunan lainnya, dari teras 1 – 10 masih dalam proses identifikasi dan proses susun-coba struktur bangunan candi. Susunan Lingga-Yoni yg terdapat di dalam Candi Ijo merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia.

candi ijo

candi ijo

Mendekati sore hari, kita bisa melihat sunset yg nyaris sempurna dari Candi Ijo ini. Lokasi ini menarik sekali untuk hunting foto, atau bahkan untuk lokasi foto Pre-Wedding.

Bila ingin mengunjungi Candi Ijo lokasinya satu arah dengan Candi Ratu Boko. Hanya sekitar 30-45 menit dari kota Jogja. Letaknya yg tinggi ini membuat kita harus menjalani jalanan yg cukup menanjak untuk menuju ke lokasinya. Tapi begitu sampai, keindahan candi dan pemandangan alam yang kita dapatkan akan membuat mata kita segar dan takjub.

retribusi harga tiket candi ijo

 

 

*Need @LiburanJogja Trip Advisor? Feel free to call @LiburanJogja team at 0811-250-100