Istana Ratu Boko

Istana Ratu Boko merupakan salah satu situs purbakala nan cantik yang terletak sekitar 2.5km di Selatan Candi Prambanan.

Secara historis, Istana Ratu Boko ini diperkirakan dibangun sekitar abad ke 8 masehi. Keberadaannya tercantum dalam Prasasti Abhayagiri Wihara yang berangka tahun 792 M. Nama “Ratu Baka” berasal dari legenda masyarakat setempat. Ratu Boko (bahasa Jawa, arti harafiah: “raja bangau”) adalah ayah dari Loro Jonggrang, yang juga menjadi nama candi utama pada kompleks Candi Prambanan. Kompleks bangunan ini dikaitkan dengan legenda rakyat setempat: Lara Jonggrang.

Secara administratif, Istana Ratu Boko berada di dusun Samberwatu (Desa Sambirejo) dan dusun Dawung (Desa Bokoharjo) kecamatan Prambanan, Kab Sleman, Yogyakarta. Terletak di atas ketinggian 195.75 MDPL dengan luas sekitar 160.898 m2 membuat Istana Ratu Boko memiliki pemandangan yang menakjubkan.

Di Istana Ratu Boko banyak di jumpai peninggalan arkeologi seperti gapura istana, ruang pembakaran, pemandian, dan arca yang benar-benar menakjubkan.

Secara arkeologi, Istana Ratu Boko dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu istana sebelah bukit barat dan timur. Komplek yang berada di sebelah barat berupa jalan setapak, saluran air, kolam-kolam dan fragmen gerabah baik lokal maupun asing. Sementara di bagian timur terbagi lagi menjadi tiga yaitu kelompok tenggara, barat dan timur.

Sisa istana yang berada di sebelah barat menyimpan beberapa peninggalan seperti candi batu putih, gapura 1 dan gapura 2, tempat pembakaran, talut, tempat penampungan air, konstruksi umpak dan dua buah batur paseban. Letaknya berada di depan komplek persis ketika kita masuk pertama ke Istana Ratu Boko.

Sisa istana yang berada di tenggara berisikan bangunan pendopo, beberapa buah batur candi, miniatur candi, beberapa kolam keputren, dan dua buah batur keputren. Sedang di sisi timur istana terdapat Goa Lanang (laki), Goa Wadon (perempuan), kolam penampungan dan tangga.

Karena keindahan arsitektur dan landscape-nya, Istana Ratu Boko sering sekali menjadi lokasi untuk foto pre-wedding bagi pasangan-pasangan yang akan melangsungkan pernikahan.

istana ratu boko

Kita dapat menikmati keindahan matahari terbenam di Istana Ratu Boko ini. Mahakarya agung sang pencipta.

istana ratu boko

 

 

*Need @LiburanJogja Trip Advisor? Feel free to call @LiburanJogja team at 0811-250-100