Obyek Wisata Heritage dan Budaya di Jogja

Yogyakarta, atau Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tepatnya, adalah salah satu propinsi di Indonesia yang memiliki unsur kebudayaan yang masih kental dan kuat. Walau tidak sekuat dan sekental Bali, unsur kebudayaan yang ada di Jogja selalu mampu memberikan nuansa yang magis setiap kita mengunjunginya, baik itu untuk berlibur, maupun untuk urusan kerja.

Liburan ke Jogja kurang lengkap bila belum pernah mengunjungi deretan obyek-obyek wisata budaya yang dimiliki oleh propinsi ini.

Sebagai pusat kebudayaan Jawa pada masa lalu, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki beragam pilihan obyek wisata budaya / heritage yang sangat populer dan layak untuk kita kunjungi. Berikut adalah beberapa obyek wisata heritage di Jogja yang populer di kalangan wisatawan:

Keraton Jogja

Wisata Heritage Jogja

Keraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, atau yang lebih dikenal dengan nama Keraton Jogja, merupakan pusat dari museum hidup kebudayaan Jawa yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tidak hanya menjadi tempat tinggal raja dan keluarganya, Keraton juga menjadi kiblat perkembangan budaya Jawa, sekaligus penjaga nyala kebudayaan tersebut.

Secara fisik istana para Sultan Yogyakarta ini memiliki tujuh kompleks inti yaitu Siti Hinggil Ler (Balairung Utara), Kamandhungan Ler (Kamandhungan Utara), Sri Manganti, Kedhaton, Kamagangan, Kamandhungan Kidul (Kamandhungan Selatan), dan Siti Hinggil Kidul (Balairung Selatan). Sebagai lembaga adat yang lengkap dengan pemangku adatnya, nilai-nilai filosofi dan pula mitologi sangat kental menyelubungi Keraton Jogja ini.

Istana Air Taman Sari

Wisata Budaya di Jogja

Istana Air Taman Sari adalah suatu kompleks istana yang sebenarnya terdiri dari beberapa bangunan (tidak semua bangunan ini berada di dalam air) dan lokasinya masih di dalam lingkungan Keraton Ngayogyakarta.

Taman sari yang berarti taman yang indah ini adalah sebuah taman air sekaligus tempat peristirahatan bagi Sultan dan keluarganya. Selain sebagai tempat peristirahatan, Tamansari dulunya juga merupakan tempat persembunyian bagi keluarga kerajaan ketika mendapat serangan dari pihak musuh.

Siap-siap tersibukkan dengan kamera anda karena bangunan Istana Air Taman Sari ini sangat mengundang minat kita untuk mengabadikannya dalam bingkai foto.

Candi Prambanan

Obyek Wisata Budaya di Jogja

Candi Prambanan, atau Candi Rara Jonggrang adalah mahakarya kebudayaan Hindu dari abad ke 9. Mengunjungi candi ini, Anda akan menikmati keindahan candi termegah di Asia Tenggara yang menjadi daya tarik kunjungan wisatawan dari seluruh dunia.

Candi yang berada di perbatasan antara Propinsi Yogyakarta dan Klaten (Jawa Tengah) ini sama populernya dengan Candi Borobudur. Kedua candi ini merupakan magnet bagi para wisatawan, baik asing maupun lokal, untuk berlibur ke Jogja.

Bila berkunjung ke Candi Prambanan pada sore hari, kita bisa menikmati keindahaan matahari terbenam dari dalam kompleks candi, dan langsung menonton pertunjukan Ramayana Ballet di malam hari nya.

Istana Ratu Boko

Wisata Heritage di Jogja

Istana Ratu Boko adalah candi yang cantik dan megah di dekat Candi Prambanan. Istana yang awalnya bernama Abhayagiri Vihara (berarti biara di bukit yang penuh kedamaian) ini didirikan untuk tempat menyepi dan memfokuskan diri pada kehidupan spiritual.

Istana Ratu Boko terletak di 196 meter di atas permukaan air laut. Saat berada di Istana Ratu Boko, anda bisa merasakan kedamaian sekaligus melihat pemandangan kota Yogyakarta dan Candi Prambanan dengan latar Gunung Merapi.

Arsitektur bangunan di Istana Ratu Boko ini sangat cantik, perpaduan dari unsur Buddhisme dan Hinduisme. Karena keindahan arsitektur bangunan dan pemandangan alamnya, istana ini sering dijadikan lokasi berburu foto matahari terbenam di kalangan para pecinta fotografi.

Candi Borobudur

Wisata Heritage Jogja

Borobudur adalah candi Buddha yang terletak di Kabupaten Magelang. Candi berbentuk stupa ini dibangun sekitar tahun 750 – 800 Masehi oleh para penganut agama Buddha Mahayana.

Sebagai candi Budha terbesar di dunia, Candi Borobudur memiliki magnet yang luar biasa besar bagi wisatawan untuk berkunjung ke Jogja. Tidak hanya wisatawan asing, tapi juga lokal.

Mengunjungi Candi Borobudur, kita akan merasa takjub dengan kemegahan candi yang memliki relief sepanjang 6 kilometer ini.

Museum Ullen Sentalu

Wisata Heritage Jogja

Museum Ullen Sentalu adalah museum terbaik yang dimiliki oleh Yogyakarta. Museum seni dan budaya jawa yang memiliki keindahan ruang dan properti serta daya magis yang luar biasa memikat ini bercerita banyak tentang 4 keraton di Solo dan Yogyakarta; Kasunanan dan Istana Mangkunegaran Surakarta, Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan Puro Pakualaman Yogyakarta.

Di Museum Ullen Sentalu ini kita juga dapat mengetahui bagaimana para leluhur Jawa membuat batik yang memiliki arti dan makna mendalam di tiap coraknya. Guide yang ada di Ullen Sentalu ini akan menceritakan tentang semua sejarah dan filosofi dengan gaya yang sangat menghibur.

Candi Ijo

Wisata Heritage Jogja

Candi Ijo candi Hindu yang terletak di Bukit Ijo, tidak jauh dari Istana Ratu Boko, sekitar 18 km di sebelah timur kota Jogja. Candi Ijo ini dibangun pada abad ke-9, di jaman Kerajaan Mataram Kuno. Bukit Ijo sendiri merupakan perbukitan tertinggi di wilayah Kecamatan Prambanan, dengan puncak tertinggi sekitar 410mdpl.

Karena letaknya yg tinggi, pemandangan alam dari Candi Ijo ini sangat indah. Sangat cocok untuk pecinta fotografi yang ingin berburu pemandangan matahari terbenam.

 

Baca Juga: Daftar Obyek Wisata Adventure di Jogja

Karena berlibur itu, sangat bisa dilakukan di negeri sendiri ;)- @LiburanJogja™