Museum Ullen Sentalu, Kaliurang

Arti Nama Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu, yang menempati peringkat pertama dalam Travelers’ Choice® awards milik situs TripAdvisor.com ini memiliki kepanjangan nama “Ulating Blencong Sejatine Tataraning Lumaku”. Arti dari nama panjang Ullen Sentalu ini adalah “Nyala lampu blencong merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan”.

Ullen Sentalu: “Pelita kehidupan sejati bagi jalan hidup manusia”.

Sejarah serta Visi dan Misi Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu adalah museum swasta yang diprakarsai oleh keluarga Haryono dari Jogja dan berada di bawah payung Yayasan Ulating Blencong dengan penasehat antara lain: I.S.K.S. Paku Buwono XII, KGPAA Paku Alam VIII, GBPH Poeger, GRAy Siti Nurul Kusumawardhani, Ibu Hartini Soekarno, serta KP. dr. Samuel Wedyadiningrat, Sp.(B). K.(Onk). Museum ini diresmikan pada tanggal 1 Maret 1997, oleh KGPAA Paku Alam VIII, Gubernur Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pada waktu itu.

Museum Ullen Sentalu ini memiliki visi “Sebagai jendela peradaban seni dan budaya Jawa”. Hal ini diterjemahkan dalam misi museum yaitu “Mengumpulkan, mengkomunikasikan dan melestarikan warisan seni dan budaya Jawa yang terancam pudar guna menumbuhkan kebanggaan masyarakat pada kekayaan budaya Jawa sebagai jati diri bangsa.”

Museum Ullen Sentalu terletak di lahan yang sejuk dan indah seluas 11.990 m2 di antara rimbunnya pepohonan di Kaliurang yang disebut Taman Kaswargan. Secara filosofis, nama Kaswargan dipilih karena terletak di ketinggian lereng Gunung Merapi, di mana kultur masyarakat Jawa menganggap Gunung Merapi sebagai tempat sakral. Jarak tempuh Museum Ullen Sentalu ini dari tengah kota Jogja hanya sekitar 45 menit. Cukup dekat dan strategis untuk dikunjungi.

Arsitektur Bangunan dan Isi Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu memiliki total 7 ruangan: ruang pintu masuk, ruang Guwo Selo Giri dan 5 ruangan yang terdapat dalam Kampung Kambang. Museum bergaya arsitektur gothic ini memamerkan kebudayaan masyarakat Jawa di masa lalu melalui berbagai dokumentasinya. Berbagai ragam batik, lukisan-lukisan, dan foto-foto tentang budaya dan tokoh Jawa beserta ruang-ruang ekshibisi di museum ini menjadi sebuah perekam kejadian atau peristiwa di masa lalu.
 
Ullen Sentalu Museum
 
Museum Ullen Sentalu bercerita banyak tentang 4 keraton di Solo dan Yogyakarta; Kasunanan dan Istana Mangkunegaran Surakarta, Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan Puro Pakualaman Yogyakarta.

Berkunjung ke museum ini dapat membuat kita disegarkan kembali tentang sejarah kejayaan keraton-keraton di jogja dan Solo.

Museum Ullen Sentalu sangat kental dengan aura wanita, karena banyak bercerita mengenai tokoh-tokoh putri keraton yang memiliki talenta-talenta luar biasa. Yang menjadi daya tarik di museum ini adalah kisah tentang Gusti Siti Nurul yang sangat cantik rupawan. Gusti Nurul adalah Puteri Kraton Mangkunegaran yang banyak membuat pangeran-pangeran jatuh cinta kepadanya, pada masa itu. Ia memberi inspirasi para pangeran Mataram dan putri-putri lain pada masa itu untuk tidak berpoligami.

Di Ullen Sentalu ini kita juga dapat mengetahui bagaimana para leluhur Jawa membuat batik yang memiliki arti dan makna mendalam di tiap coraknya. Guide yang ada di Ullen Sentalu ini akan menceritakan tentang semua sejarah dan filosofi dengan gaya yang sangat menghibur.
 
Museum Ullen Sentalu
 
Di area luar, di sisi samping dari Museum Ullen Sentalu terdapat resto Beukenhof, sebuah resto dengan bangunan yang dirancang dengan gaya arsitektur kolonial. Menarik bagi pengunjung yang ingin menyantap masakan dengan suasana Eropa dan nuansa istana. Buat yang ingin membeli buah tangan, ada Souvenir Shop yang menjual pernak-pernik hasil kerajinan dan batik gaya Jogja dan Solo.

Harga Tiket Masuk Museum Ullen Sentalu

Untuk berkunjung ke Museum Ullen Sentalu yang cantik ini, kita hanya perlu mengeluarkan uang untuk membayar tiket masuk sebesar Rp. 30.000,- (untuk turis lokal), dan Rp. 50.000,- (untuk turis asing), belum termasuk biaya retribusi untuk masuk ke kawasan wisata Kaliurang. Harga tiket tersebut sudah termasuk jasa pemandu yang akan memandu kita selama tour museum yang biasanya memakan durasi sepanjang kurang lebih 60 menit.

Ullen Sentalu

Alamat Museum Ullen Sentalu:
Jl. Boyong Km 25 Hargobinangun, Pakem,
Kaliurang Barat, Sleman, Yogyakarta.
Telp: +62 274 895161
Jam Buka Museum Ullen Sentalu:
Selasa – Jumat: 08.30 – 16.00 WIB
Sabtu – Minggu: 08.39 – 17.00 WIB
Senin Libur.

 

 

*Need @LiburanJogja Trip Advisor? Feel free to call @LiburanJogja team at 0811-250-100