7 Kuliner Malam Jogja, Populer, Legendaris, Murah dan Patut Dicoba

7 kuliner malam di Jogja yang populer, legendaris, murah, dan patut untuk dicoba.

Selain memiliki banyak tempat wisata yang populer, Jogja juga memiliki deretan kuliner jogja yang hampir semuanya terkenal dan melegenda, bahkan kuliner malamnya. Ya, kuliner yang popüler di Jogja tidak hanya gudeg dan bakpia saja. Bakmi (Jawa) Mbah Mo di Manding dan Sate Klathak di Imogiri adalah 2 contohnya.

Untuk urusan kuliner, Jogja selalu memiliki beraneka ragam kuliner yang semuanya layak untuk dicoba oleh Anda, para penghobi wisata kuliner. Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini memang juga menjadi primadona dari segi kuliner lokal. Anda bisa menemukan beragam aneka sajian kuliner di kota ini.

Karena aktivitas di kota ini nyaris hidup selama 24 jam tiap harinya, kita juga bisa banyak menemukan kuliner-kuliner yang bahkan hanya buka khusus di malam hari saja. Berikut adalah daftar 7 kuliner populer dan legendaris di Jogja yang buka hingga malam dan dini hari dengan harga yang murah dan cukup terjangkau:

  1. Gudeg Pawon
  2. Mungkin Anda sudah sering mendengar nama ini. Gudeg yang satu ini terkenal selain karena kelezatannya, juga karena jam bukanya yang memang khusus mulai tengah malam.

    Berdiri sejak tahun 1958, cikal bakal Gudeg Pawon adalah warung kecil yang berjualan di Pasar Sentul Yogyakarta sejak pukul 3 pagi. Awalnya, sang pemilik berjualan untuk melayani para penjual dan pengunjung Pasar Sentul yang memang mulai datang sejak hari mulai menjelang pagi. Gudeg Pawon kini lokasinya berada di Jalan Janturan, Warungboto, Umbulharjo.

    Sensasi gudeg ala masakan rumahan di Gudeg Pawon ini bisa Anda nikmati hanya dengan mengeluarkan Rp. 20.000,- saja untuk menu gudeg standar. Siapkan mental Anda untuk bersabar, karena peminat Gudeg Pawon ini sering membuat kita harus mengantri cukup lama.

    Lokasi Gudeg Pawon

  3. Mie Ayam Grabyas
  4. Jika Anda sedang berada di sekitaran Malioboro saat tengah malam, Anda perlu mencoba Mie Ayam Grabyas yang lokasinya terletak di sekitaran seberang Hotel Grand Inna Garuda.

    Mie Ayam Grabyas adalah salah satu mie ayam favorit para pecinta kuliner malam di Jogja. Jika kebanyakan warung mie ayam buka mulai pagi dan siang hari, mie ayam Grabyas yang warungnya berbentuk lesehan ini baru mulai buka pada malam hari. Cita rasa mie ayam grabyas ini memang sudah menjadi primadona bagi para penikmat kuliner apalagi yang suka wisata malam di Jogja.

    Untuk ukuran warung makan yang terletak di kawasan Malioboro, harga mie ayam Grabyas terhitung cukup murah; mulai dari Rp. 13.000 hingga Rp. 18.000.

    Lokasi Mie Ayam Grabyas

  5. Lesehan Terang Bulan di Malioboro
  6. Masih di sekitaran Malioboro, di depan Toko Batik Terang Bulan tepatnya, Lesehan Terang Bulan juga merupakan salah satu kuliner malam di Jogja yang perlu dicoba. Buka sejak sekitar pukul 21.30, atau sejak toko-toko di sepanjang jalan Malioboro mulai tutup.

    Lesehan Terang Bulan terkenal karena sajian Burung Dara Goreng-nya yang lezat. Walau harganya juga tidak murah, banyak yang rela antri demi bisa mencicipi Burung Dara Goreng di Lesehan Terang Bulan ini.

    Bagi Anda yang tidak langsung bisa mendapatkan tempat duduk, Anda bisa menunggu sembari menikmati malam di Malioboro diiringi lantunan musik pengamen jalanan yang memang hampir selalu tampil di depan lesehan ini.

    Lokasi Lesehan Terang Bulan

  7. Angkringan Lik Man dan Kopi Jos Lainnya
  8. Angkringan Lik Man dan angkringan kopi Jos lainnya juga menjadi salah satu kuliner di Jogja yang harus Anda coba. Buka mulai sore hari hingga dini hari, angkringan kopi jos ini berada di Jalan Wongsodirjan Jogjakarta, masih dekat dan berada di sekitaran kawasan Malioboro. Tepatnya di sisi utara Stasiun Tugu.

    Dengan harga yang murah khas angkringan, Anda bisa menikmati kelezatan kopi arang serta suasana asli Jogja pada malam hari di angkringan-angkringan kopi Jos ini.

    Angkringan Lik Man sendiri merupakan angkringan yang sudah cukup melegenda. Lik Man yang merupakan anak dari pedagang angkringan pertama di Jogja ini adalah generasi awal pedagang angkringan di Jogja yang umumnya berasal dari Klaten.

    Lokasi Angkringan Lik Man

  9. Oseng-oseng Mercon Bu Narti
  10. Warung Oseng-oseng Mercon Bu Narti adalah pelopor masakan oseng-oseng yang super pedas di Jogja. Sajian Oseng-oseng Mercon Bu Narti tidak boleh dilewatkan bila Anda adalah pecinta kuliner pedas.

    Racikan Oseng-oseng Mercon Bu Narti memang menyajikan menu oseng-oseng kikil, koyor, dan tulang muda, dengan rasa pedas yang sungguh tidak biasa. Konon, dalam 1 hari, jatah cabe yang dihabiskan mencapai 10 kg.

    Oseng-oseng Mercon Bu Narti terletak di Jalan KH. Ahmad Dahlan (Gang Purwodiningratan), tidak jauh dari Malioboro. Sajian kuliner pedas ini bisa anda nikmati hanya dengan mengeluarkan uang sebesar Rp. 15.000,- untuk 1 porsi atau sepiring racikan oseng-oseng yang disajikan bersama nasi putih.

    Lokasi Oseng-oseng Mercon Bu Narti

  11. Soto Sampah Kranggan
  12. Masih fokus pada sajian kuliner berlemak, Soto Sampah di kawasan Pasar Kranggan menawarkan berbagai varian soto dengan menu unggulan soto koyor.

    Soto dengan koyor sapi memang menjadi ciri khas warung soto yang buka hingga menjelang subuh ini. Dengan kuah kaldu serta racikan bumbu rempah yang kuat, Soto Sampah turut meramaikan sajian kuliner malam di Jogja.

    Harga satu porsi soto di Soto Sampah yang lokasinya berada di sekitar utara Tugu Pal Putih Jogja ini terhitung sangat murah; mulai dari Rp. 6.000,- hingga 12.000,-.

    Lokasi Soto Sampah

  13. Bakmi Jawa Mbah Mo
  14. Yang terakhir ini pasti Anda sudah sering mendengar namanya. Nama Mbah Mo memang telah menjadi salah satu ikon kuliner bakmi Jawa di Jogja. Lokasinya ada di kawasan Code, Bantul. Cukup jauh dari kota, tapi sangat layak untuk ditempuh.

    Yang istimewa dari Bakmi Mbah Mo adalah rasa gurihnya, tidak seperti Bakmi Jawa umumnya yang ada di Jogja, yang seringnya dimasak manis. Campuran telur bebek dan kaldu dari ayam kampung memang memberikan sentuhan citarasa tersendiri yang khas dalam rasa Bakmi Mbah Mo.

    Buka sejak sekitar pk. 17.30 hingga tengah malam, untuk mencapai warung ini, Anda harus benar-benar fasih menggunakan google-map karena lokasinya yang masuk ke dalam kampung, walau tidak jauh dari jalan raya.

    Sepeti kuliner-kuliner lain ada di atas, siapkan mental anda untuk bersabar menunggu antrian bila ingin mencicipi Bakmi Jawa Mbah Mo ini. Kita bisa harus menunggu sampai satu jam terhitung dari sejak waktu kita memesan hingga pesanan kita siap tersaji di meja kita.

    Lokasi Bakmi Mbah Mo

7 lokasi kuliner di atas sangat layak untuk Anda coba. Bila sedang liburan ke Jogja memang amat sayang bila tidak sekalian berpetualang berburu wisata kuliner di kota ini. Deretan 7 Kuliner Malam Jogja yang legendaris dan populer di atas, semuanya bisa coba Anda kunjungi di sore atau malam hari setelah Anda berpetualang keliling ke tempat-tempat wisata di saat pagi atau siang harinya.

Karena berlibur itu, sangat bisa dilakukan di negeri sendiri ;)- @LiburanJogja™