Manfaat Outbound & Team Building untuk Karyawan

Manfaat dan Tujuan Outbound atau Team Building sangat beragam, baik itu untuk perusahaan maupun organisasi. Program pelatihan outbound ini sangat efektif untuk meningkatkan kinerja dan kolektivitas kerja karyawan serta produktivitas perusahaan karena tidak sarat dengan teori.

Karena lazimnya dilakukan di ruang terbuka serta dilakukan dengan pendekatan yang ‘fun’ dan seru, kegiatan outbound dan team building juga bermanfaat untuk ajang refreshing bagi para karyawan.

Manfaat dan Tujuan Outbound Bagi Karyawan dan Perusahaan

Manfaat dan tujuan dari Outbound / Team Building untuk karyawan seringnya memang bervariasi, namun pada dasarnya, semua bisa terangkum dalam poin-poin yang ada di bawah ini.

Definisi Outbound / Team Building

Secara umum, definisi Outbound / Team Building bisa disimpulkan dalam penjabaran berikut:

  • Program Pelatihan Manajemen
  • Outbound adalah program pelatihan manajemen, baik untuk individu dan tim, yang bertujuan untuk membangung jiwa kepemimpinan (leadership) dari masing-masing individu, dan membangun teamwork yang lebih produktif bagi seluruh anggota tim. Tujuan utamanya adalah untuk mempercepat proses peningkatan kapasitas diri dan peningkatan kemampuan bekerja secara kolektif para karyawan.

  • Dilakukan di Tempat Terbuka
  • Lazimnya, outbound adalah program pelatihan yang dilakukan di ruangan terbuka (outdoor), dengan berbagai metode permainan untuk mensimulasi tujuan. Umumnya, tempat outbound yang profesional sudah memiliki wahana-wahana permainan untuk outbound dan team building yang permanen.

Tujuan Outbound / Team Building

Tujuan dari Outbound / Team Building adalah:

  • Melatih karyawan, melalui metode-metode permainan team building, agar selalu siap untuk bertindak dan merespon dengan cepat sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada, adalah salah satu dari tujuan kegiatan outbound bagi karyawan. Agar dalam prakteknya, seluruh karyawan akan selalu siap dalam merespon serta menghadapi tantangan-tantangan perubahan yang muncul dan dihadapi oleh perusahaan.
  • 4-C: Confidence, Competency, Conception, dan Connection. Seperti yang telah disebut di atas, tujuan dari kegiatan outbound adalah untuk membangun komitmen yang ditujukan untuk peningkatan kapasitas individu dan kolektivitas kerja dari dari seluruh karyawan yang menjadi peserta outbound melalui konsep 4-C yang penjabarannya tertuang dalam manfaat-manfaat outbound di bawah ini.

Manfaat Outbound / Team Building

Secara umum, Manfaat Outbound / Team Building adalah:

  • Peningkatan Individual Soft Skils Masing-Masing Karyawan
  • Keiatan outbound bagi karyawan bermanfaat untuk melatih dan memacu agar setiap individu peserta outbound selalu mampu untuk berpikir dalam kerangka berpikir yang sistematis dan berorientasi pada hasil dan tujuan jangka panjang.

    Dengan berbagai simulasi permainan yang ada, program outbound dan team building juga dirancang untuk membentuk karakter yang disiplin dan bertanggung jawab, serta pola perilaku yang berorientasi pada hasil dan tujuan jangka panjang. Sehingga masing-masing individu karyawan yang menjadi peserta outbound memiliki etika dan komitmen kerja yg tinggi.

  • Peningkatan Teamwork Skills Masing-Masing Karyawan
  • Selain untuk membantu meningkatkan individual soft skills yang tertera dalam poin-poin di atas, program pelatihan outbound juga dirancang untuk menumbuhkan kesadaran tentang manfaat serta arti pentingnya kebersamaan dan bekerja secara kolektif (teamwork).

    Dirancang dalam metode-metode permainan, kegiatan outbound dan team building membuat semua individu ‘terpaksa’ untuk bekerja secara kolektif atau melalui teamwork demi mencapai tujuan yang lebih maksimal melalui simulasi-simulasi permainan yang ada. Tujuan akhirnya adalah turut membantu meningkatkan kinerja dan produktivitas dari suatu perusahaan atau suatu organisasi.

    Simulasi permainan dalam program outbound mengajak setiap peserta untuk mencoba memahami kelebihan-kelebihan dan kekurangan-kekurangan, baik yang ada pada dirinya sendiri, maupun kelebihan-kelebihan dan kekurangan-kekurangan yang dimiliki oleh rekan kerjanya. Tujuannya adalah peningkatan kemampuan bekerja secara kolektif (teamwork) dari masing-masing karyawan karena timbulnya rasa saling menghargai dalam setiap keputusan yang dibuat.

  • Sarana Refreshing Karyawan
  • Rutinitas kerja sehari-hari dan beban kerja yang pasti terus bertambah seiring dengan waktu tentu akan menimbulkan kejenuhan dalam diri karyawan, pada suatu waktu. Salah satu manfaat utama dari program outbound adalah juga sebagai sarana untuk break sejenak dari rutinitas kerja sehari-hari, melakukan kegiatan yang fun dan seru secara bersama-sama.

    Karena dirancang untuk dilakukan dalam suasana yang santai dengan metode-metode permainan outbound yang fun dan seru, program outbound sangat cocok untuk menjadi salah satu kegiatan dalam agenda outing perusahaan dan liburan karyawan.

Dengan banyaknya manfaat yang bisa diperoleh oleh suatu perusahaan, program pelatihan outbound bisa dan sangat perlu untuk dilakukan secara rutin dan berkala. Khusus untuk perusahaan, selain bisa langsung diadakan untuk seluruh karyawan secara bersama-sama, program pelatihan outbound bisa dilakukan secara berjenjang, sesuai dengan tingkatan level jabatan.

Karena sifatnya yang fun dan seru, program outbound tidak hanya bisa bermanfaat untuk kantor atau perusahaan saja lho, tapi juga bermanfaat untuk anak-anak dan keluarga. Kegiatan outbound untuk keluarga bisa menjadi alternatif kegiatan seru yang cocok untuk agenda liburan keluarga.

Di Jogja, Anda bisa menemukan banyak tempat outbound yang murah tapi berkualitas. Salah satunya adalah di Ledok Sambi.

Ledok Sambi adalah tempat outbound terluas yang ada di Jogja. Selain luas, Ledok Sambi memiliki wahana permainan outbound yang paling lengkap di Jogja. Dengan harga yang cukup bersaing dengan lokasi outbound lainnya di Jogja, Ledok Sambi menawarkan lokasi outbound yang seru dan namun tidak mahal.

Keuntungan Pilih Paket Outbound dari @LiburanJogja™

  • Murah — Berkualitas
  • Walaupun memiliki banyak pilihan tempat, @LiburanJogja™ lebih sering menawarkan Paket Outbound di Ledok Sambi. Paket outbound ini walapun murah, namun tetap berkualitas karena:

    1. Sudah termasuk Makan Prasmanan 1 Kali.
    2. Sudah termasuk Snack & Drink 2 kali.
    3. Sudah termasuk Air Mineral free flow selama kegiatan.
    4. Standby Paramedis beserta peralatan dan obat-obatan standar P3K.
    5. Dipandu oleh fasilitator-fasilitator outbound yang berpengalaman dan bersertifikat.
    6. Dilakukan di Ledok Sambi yang merupakan tempat outbound terluas dengan wahana permainan team building terlengkap di Jogja
    7. Bersifat À la carte. Anda dapat memesan paket outbound saja, atau menambahkan sarana transportasi maupun fasilitas dokumentasi yang sengaja kami buat terpisah agar Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan anggaran yang Anda miliki.
  • Bisa langsung Cek Harga
  • Benefit lainnya dengan memesan paket outbound dari @LiburanJogja™ adalah, Anda bisa langsung cek harga atau biaya outbound untuk rombongan Anda. Ya, dalam halaman paket outbound yang link-nya dapat Anda temukan di bawah, Anda bisa langsung mengecek harga dan biaya outbond di form pemesanan paket outbound yang tersedia di halaman tersebut. Anda akan langsung dapat melihat total biaya dan harga paket outbound untuk rombongan Anda begitu Anda menginput jumlah peserta rombongan dan fasilitas-fasilitas tambahan yang Anda inginkan, bahkan tanpa harus menghubungi tim @LiburanJogja™ terlebih dahulu.

Testimoni dan Review untuk Paket Outbound dari @LiburanJogja™ bisa Anda baca di sini.

Tertarik memesan paket outbound dan team building karyawan untuk kantor atau perusahaan Anda? Anda bisa memesan paket oubound dari @LiburanJogja™ di: https://liburanjogja.co.id/paket-outbound-team-building/ledok-sambi/

Karena berlibur itu, sangat bisa dilakukan di negeri sendiri ;)- @LiburanJogja™