Tips Liburan di Jogja

Tips Liburan di Jogja

Jogja memang merupakan destinasi wisata yang sangat menarik untuk berlibur. Selain karena keanekaragaman kultur dan budaya-nya yang sangat kuat serta pemandangan alamnya yang begitu menakjubkan, Jogja memiliki beragam pilihan dan bentuk obyek wisata.

Mulai dari wisata heritage, wisata adventure, wisata pegunungan, hingga wisata pantai yang tersebar dari pesisir timur hingga barat di selatan kota ini, semuanya tersedia.

Berikut ini ada beberapa Tips Liburan di Jogja yang telah kami susunkan dan dapat digunakan ketika akan berwisata ke Jogja, terutama untuk yang belum pernah mengunjungi kota ini.

 

1. Merencanakan Rute Liburan di Jogja.

Jogja memiliki beragam pilihan obyek wisata yang tersebar di tengah kota hingga ujung utara, timur, selatan, dan barat. Perlu perencanaan yang matang untuk memilih obyek-obyek yang efektif untuk dikunjungi dalam 1 hari.

Agar tidak banyak waktu anda yang terbuang di jalan karena pilihan-pilihan obyek yang jaraknya saling berjauhan, kami telah mengelompokkan beberapa alternatif pilihan rute dan obyek agar liburan anda di Jogja dapat menjadi liburan yang efektif dan menyenangkan.

Untuk melihat Panduan Rute Berwisata di Jogja, yang kami sertai dengan informasi daftar harga tiket masuk dari masing-masing obyek, silahkan melihatnya di halaman ini.

Dalam panduan tersebut, kami telah merangkumkan rute-rute pilihan obyek wisata favorit para wisatawan yang berkunjung ke Jogja untuk memudahkan persiapan liburan anda di Jogja.

 

2. Memilih Transportasi selama berwisata di Jogja.

Jogja memiliki Bus Trans Jogja yang beroperasi dari jam 06.00 WIB hingga 20.00 WIB. Keberadaan Bus Trans Jogja ini cukup membantu para wisatawan untuk mengunjungi obyek-obyek wisata yang berada di dalam ring-road. Untuk rute dan Halte-nya bisa dilihat dan diunduh di sini.

Kombinasikan Bus Trans Jogja dengan becak. Karena Bus Trans Jogja, memiliki jangkauan rute yang terbatas, mengkombinasikannya dengan becak adalah pilihan yang tepat untuk bisa mencapai lokasi-lokasi obyek yang letaknya tidak di pinggir jalan raya. Jangan lupa untuk berani menawar agar mendapatkan harga yang sesuai.

Alternatif transportasi umum yang lain di Jogja adalah Ojek. Di Jogja ada @ojacktaximotor yang siap jemput di mana saja dan mengantar kita dengan argometer yang jujur. Argo-nya hanya Rp. 2,- per meter lho, dan ada driver perempuan :)

Bila berani menjelajah sendiri, sewa motor adalah opsi menarik. Dengan berbekal peta yang bisa diunduh di sini, kita bisa menyewa motor dan mencoba menjelajahi sendiri obyek-obyek wisata Jogja yang menarik. Untuk sewa motor, kisaran harga sewanya adalah Rp. 50.000,- per hari.

Nah, bila ingin berwisata yang nyaman, terutama untuk menjangkau obyek-obyek wisata yang jauh seperti ke kawasan Gunungkidul, Prambanan, dan Borobudur, bisa memanfaatkan jasa sewa mobil yang banyak tersedia di Jogja. Untuk harga sewa mobil + driver dari @LiburanJogja, bisa dilihat di sini.

 

3. Cari Penginapan.

Di Jogja, banyak sekali tersedia penginapan-penginapan, mulai dari yang murah hingga kelas hotel bintang 5. Lokasi-lokasi penginapan ini tersebar, tidak hanya di tengah kota, namun juga ada di pinggir atau pelosok kota. Mau mencari penginapan yang berkonsep modern ada, yang menjual suasana pedesaan pun ada.

Kalau ingin mencari penginapan yang murah di Jogja, di Sosrowijayan, banyak sekali penginapan-penginapan untuk backpacker mulai dari harga Rp. 40.000,-. Daerah Sosrowijayan ini selalu menjadi kawasan favorit para turis, karena lokasinya yang strategis (sangat dekat dengan Malioboro), dan lengkap (hampir semua ada di sini).

Googling aja dengan kata kunci “hotel murah sosrowijayan” atau “penginapan backpacker sosrowijayan”, pasti ketemu :)

Namun, kita tidak perlu terpatok dengan lokasi Malioboro untuk mencari penginapan. Kawasan Malioboro memiliki tingkat kepadatan yang tinggi, terutama bila sudah memasuki musim liburan. Untuk menghindar dari kepadatan jalan di kawasan Malioboro, ada baiknya mencari penginapan di luar kawasan ini. Tenang saja, Jogja ini kecil kok, jadi walaupun tidak menginap di Malioboro, kita tetap bisa mengunjungi Malioboro bila kita mau kapan saja ;)

 

4. Mengetahui Daftar HTM Obyek-obyek Wisata Populer di Jogja.

Nah, untuk persiapan sebelum berangkat ke Jogja yang lebih lengkap, ada baiknya mengunduh dulu Daftar HTM obyek-obyek wisata populer di Jogja yang pernah kami buat dalam format PDF, agar anda dapat mengkalkulasi kebutuhan-kebutuhan biaya selama berlibur di Jogja. Untuk mengunduh, buka link ini.

 

5. Cari tahu patokan Arah Mata Angin di Jogja

Ini adalah tips yang paling penting bila anda berlibur ke kota ini. Di Jogja, penduduknya lebih senang memberikan arah jalan sesuai dengan arah mata angin. Hal ini yang membedakan Jogja dengan kota-kota lain. Supaya tidak bingung, kita ada baiknya anda mempelajari patokan arah mata angin di Jogja.

Patokan utama yang bisa memudahkan adalah Gunung Merapi. Gunung Merapi posisinya ada di sebelah utara kota Jogja. Nah, semuanya berangkat dari situ :)

Jadi di utara ada Gunung Merapi, di Selatan ada (Pantai) Parangtritis. Kalau ke timur, itu arah Solo. Kalau ke Barat, arah Godean dan Purworejo :)

 
 

Terakhir, tapi juga paling penting ini sangat harus dilakukan. Sebelum berangkat, sempatkan bertanya ke google, hampir semua informasi yang kita butuhkan dapat kita temukan di sana :)
Dan kalau sudah sampai Jogja, jangan malu untuk bertanya apapun ke siapapun. Masyarakat Jogja ramah-ramah dan helpful ;)

Semoga terbantu :)

 

 

*Need @LiburanJogja Trip Advisor? Feel free to call @LiburanJogja team at 0274-8009008